Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Era Society 5.0

Ya’aman Gulo, Talizaro Tafonao, Rita Evimalinda

Abstract


Abstract: The purpose of writing this article is to explain learning strategies that are relevant in the 5.0 era of society in learning Christian religious education. The author observes that the learning strategy is a means to achieve the learning objectives that have been set. Because one of the challenges faced by teachers today is the development of technology. The era of society 5.0 demands a teacher to be more creative, innovative and informative. That's why, the author reviews this paper to provide some tricks and tips so that teachers are able to compete and use appropriate learning strategies in the era of society 5.0. The method used in this study is a descriptive qualitative research method by examining the learning strategies of Christian religious education in the era of society 5.0. The method used in this study is a descriptive qualitative research method by examining the learning strategies of Christian religious education in the era of society 5.0. The results obtained in this study show that one of the learning strategies for Christian religious education in the era of society 5.0 that are still relevant are participatory strategies, inquiry strategies, discovery learning strategies, cooperative strategies, and blended learning strategies. Thus, the era of society 5.0 is a community concept that was developed to apply and balance the use of technology in everyday life so that access occurs in virtual space and physical space to solve social problems in order to create super smart humans.

Abstrak: Tujuan penulisan artikel ini adalah menjelaskan strategi pembelajaran yang relevan di era society 5.0 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Penulis mengamati bahwa strategi pembelajaran merupakan sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Karena salah satu tantangan yang dihadapi oleh guru saat ini adalah perkembangan teknologi. Era society 5.0 menuntut seorang guru untuk lebih kreatif, inovatif dan informatif. Oleh karena itu, penulis mengkaji tulisan ini untuk memberi beberapa trik dan tips agar guru-guru mampu bersaing dan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat di era society 5.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan mengkaji strategi pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di era society 5.0. Hasil yang dapatkan dalam kajian ini menunjukan bahwa salah satu strategi pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di era society 5.0 yang masih relevan adalah strategi partisipatif, strategi inkuiri, strategi discovery learning, strategi koorperatif, dan strategi blended learning. Dengan demikian  bahwa era society 5.0 adalah sebuah konsep masyarakat yang dikembangkan untuk mengaplikasikan dan menyeimbangkan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehingga terjadinya akses dalam ruang virtual dan ruang fisik untuk memecahkan masalah sosial agar terciptanya manusia yang super smart.


Keywords


Learning Strategy, Christian Religious Education, Society 5.0

Full Text:

PDF

References


Ariefin, D., & Darmawan, I. P. A. (2021). Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Melalui Kreativitas Guru Selama Masa Pandemi. PASCA : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 17(1), 55–63.

Arjunaita. (2020). Pendidikan di Era Revolusi Industri 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 179–196.

Asrori, M. (2013). Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Jurnal MANDRASAH, 5(2), 163–188.

Diana, R. (2019). Prinsip Teologi Kristen Pendidikan Orang tua terhadap Anak di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal BIA : Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(1), 27–39.

Dwijora, N. V., & Simanjuntak, J. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. TEDC, 14(3), 249–254.

Fauzi, A. R., Zainuddin, Z., & Atok, R. Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 79–88. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p079

Gulo, F. (2020). Tinjauan Teologis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Giligentia:Journal of Theology and Christian Education, 2(2), 31–50.

H. Mulyono, & Wekke, I. S. (2018). Strategi Pembelajaran di Abad Digital. In Gawe Buku. Gawe Buku.

Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar) Ni. International Seminar Proceeding, 3(2252), 58–66.

Ipiana, Novitasari, K. D., & Mononimbar, Y. Y. (2021). Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Metanoia:PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN, 3(2), 75–97.

Keles, M. C. (2020). Strategi Pembelajaran Guru PAK di era Pandemi Covid-19 dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Wilayah Kawangkoan. E-Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen, 1(2), 94–112.

Kurniawan, N. A., & Aiman, U. (2020). Paradigma Pendidikan Inklusi Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Dasar, 1–6.

Mulyono, & Wekke, I. S. (2018). Strategi Pembelajaran di Abad Digital. Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 1–204.

Muslim, A. (2017). Implementasi Pembelajaran Partisipatif Melalui Focus Group Discussion Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa. Jurnal Paedagogy, Vol. 4(1), 15–20.

Nastiti, F. E., & ‘Abdu, A. R. N. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66.

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Perdana Publishing.

Puspita, Y., Fitriani, Y., Astuti, S., & Novianti, S. (2020). Selamat Tinggal Revolusi Industri 4.0, Selamat Datang Revolusi Industri 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 122–130.

Royani, I. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Menuju Industri 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 449–456.

Saifuddin. (2020). Peningkatan Kapabilitas Problem Solving Dengan Strategi Blended Learning: Membelajarkan Siswa Di Era Disruptif. Jurnal AL-WIJDÁN, 5(2), 123–137.

Setiawan, A. A. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Setiawan, D., & Lenawati, M. (2020). Peran Dan Strategi Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Journal of Computer, Information System, & Technology Management, Vol. 3(No. 1), 1–7.

Simamora, K. S. D. (2019). Pendidikan Agama Kristen dan Signifikansinya dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Providensi:Pendidikan Dan Teologi, 2(2), 36–53.

Sururuddin, M., & Dkk. (2021). Strategi Pendidik Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 143–148.

Wati, M., & Anggraini, W. (2019). Strategi Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Science and Mathematics Education, Vol. 2(1), 98–106.

Widiara, I. K. (2018). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Purwadita, Vol. 2(2), 50–56.

Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 28–38. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167

Zaluchu, S. E. (2021). Metode Penelitian di dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 249–266.




DOI: https://doi.org/10.51615/sha.v2i1.40

Article Metrics

Abstract view : 2964 times
PDF - 1943 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SHAMAYIM: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Indexed By:

  


SHAMAYIM: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani
Published: Sekolah Tinggi Teologi Yerusalem Baru Manado
Website Institusi: sttybmanado.ac.id
Address: Jln. Cendana, Kel. Sumompo, Lingk 1, Kec. Tuminting, Manado, Sulawesi Utara
Website E-Jurnal: sttybmanado.ac.id/e-journal/index.php/shamayim
e-ISSN: 2746-9026 p-ISSN: 2774-4477

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SHAMAYIM: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani. All Rights Reserved.